Diskusi Buku "Rumah Tangga yang Bahagia" bersama Awal Uzhara

Minggu, 5 Oktober 2014
Garasi10, Jl. Rebana no. 10
Pk. 15.00 - 18.00
Gratis dan terbuka untuk umum
(Sebaiknya membaca bukunya terlebih dahulu)

Rumah Tangga yang Bahagia adalah novella karya Leo Tolstoy yang ditulis pada tahun 1859 dan dipublikasikan pertama kali di majalah The Russian Messenger. Rumah Tangga yang Bahagia bercerita tentang kisah cinta antara dua orang yang berbeda usia cukup jauh. Si perempuan, Maria Alexandrovna, berusia tujuh belas tahun dan tengah berduka karena ibunya baru saja meninggal. Si laki-laki, Sergey Mikhaylych, berusia tiga puluh enam dan ia adalah kawan dari almarhum ayah Maria -yang dalam novel ini dipanggil dengan Masha-. Perbedaan usia tersebut menciptakan sejumlah persoalan. Namun seperti yang tertulis di sampul bagian belakang buku tersebut: "Keagungan cintalah yang pada akhirnya berbuahkan kebahagiaan".

Novella tersebut akan didiskusikan bersama-sama dengan Awal Uzhara -yang biasanya lebih sering diundang untuk mendiskusikan soal film Rusia-. Apa yang didiskusikan bisa jadi sangat beragam mulai dari pembicaraan tentang jalan cerita, aspek bahasa, sosio-kultural Rusia, penggunaan nama-nama, hingga sejarah hidup Leo Tolstoy itu sendiri. 

Profil Narasumber 

Setelah sejak tahun 1959 tinggal di Rusia, Awal Uzhara akhirnya kembali ke Indonesia di tahun 2012. Enam puluh tahun lebih menetap, beliau pernah bersekolah dan kemudian menjadi asisten Profesor Sergei Gerasimov di Institut Sinematografi Gerasimov di Moskow. Institut sinematografi tertua di dunia tersebut (berdiri tahun 1919) telah melahirkan sutradara legendaris peletak dasar teknik-teknik penyutradaraan yang masih lestari digunakan hingga hari ini seperti Sergei Eisenstein, Alexey Batalov, Vsevolod Pudovkin, hingga Andrei Tarkovsky. Kisah hidup Awal Uzhara telah dibukukan dengan judul Nasib Manusia (2014).

Previous
Next Post »