Mahasiswa Jepang Membatik di Garasi 10



Jumat 15 Agustus 2014, sejak jam satu siang Garasi 10 kedatangan para mahasiswa Universitas Daito Bunka Jepang untuk menjalani kegiatan workshop membatik. Kegiatan ini merupakan bagian dari kuliah praktik program pertukaran pelajar Universitas Daito Bunka yang diselenggarakan di musim panas.  Program kunjungan mahasiswa ini merupakan bentuk kerja sama Indonesia dan Jepang yang sudah berlangsung rutin selama 20 tahun.

Para mahasiswa ini menjalani kursus bahasa Indonesia intensif selama 3 minggu selama mereka berada di Indonesia. Di pagi hari dari Senin hingga Jumat para mahasiswa ini mempelajari bahasa Indonesia di Pusat Bahasa Universitas Padjajaran. Di siang hari kegiatan berlanjut dengan aktivitas ke luar kampus seperti mengunjungi museum, berlatih menari, dan mengkaji budaya Indonesia lain seperti membatik salah satunya. 

Selama berlangsungnya workshop, para mahasiswa Jepang ini dipandu tiga pengajar (Zakiah Pawitan, Tesa Apriliani, Dea Hikmah Ayuningtyas) dan satu asisten koordinator program pertukaran pelajar (Risma).  Zakiah Pawitan kesehariannya menjadi staf pengajar di Jurusan Pendidikan Seni Rupa Universitas Pendidikan Indonesia. Sedangkan Tesa Apriliani dan Dea Hikmah Ayuningtyas, keduanya mahasiswa tingkat akhir Jurusan Pendidikan Seni Rupa Universitas Pendidikan Indonesia.





Previous
Next Post »