Diskusi Film "Ascent" (1977) bersama Awal Uzhara


Perang memutuskan eksistensi manusia dari dunianya. Lenyap. Manusia hanya menjadi onggokan benda, barang atau musuh yang harus dihadapi. Situasi yang begitu dekat dengan kematian dalam perang secara ektrim membawa insting bertahan diri menjadi dominan. Film "The Ascent" (1977) yang disutradarai Larisa Shepitko bercerita tentang dua gerilyawan Soviet bernama   Sotnikov dan Rybak yang diburu tentara Nazi, di mana mereka mencoba berlindung di sebuah rumah yang ditinggali seorang ibu dengan ketiga anaknya. Film menggambarkan berbagai cara para tokoh di film untuk mengikuti insting bertahannya untuk bisa selamat dengan berbagai latar belakang kepentingan. Ada yang karena ideologi, ada yang karena demi kepentingan keluarga, demi kehidupan yang lebih layak dan sejahtera; yang sebenarnya semua dilandasi kepentingan agar terhindar dan terjauhi dari kematian itu sendiri.


"The Ascent" meraih   Golden Bear award pada 27th Berlin International Film Festival tahun 1977. Kiprah Larisa Shepitko sendiri sebagai sutradara perempuan menjadi salah satu tokoh perfilman penting Rusia pada tahun 1960 - 1970an. Dilahirkan di Ukraina tahun 1938, mendapatkan ilmu perfilmannya di  All-Union State Institute of Cinematography (VGIK) di Moscow sebagai murid dari Alexander Dovzhenko. Pertanyaan-pertanyaan eksistensial dan pergulatan benturan antara hasrat dan nilai-nilai yang dianggap luhur manusia menjadi dasar pemikiran di setiap film-filmnya. Shepitko meninggal dalam kecelakaan mobil di kota Tver bersama empat kru filmnya di tahun 1979. Saat itu ia dalam sebuah proyek meninjau lokasi untuk rencana pembuatan film adaptasi novel  Farewell to Matyora, karya Valentin Rasputin. Suami Shepitko,   Elem Klimov meneruskan dan menyelesaikan film ini yang diberinya judul  Farewell.


Film ini pada jamannya dilarang diputar di Rusia dan karenanya diselamatkan dengan dibawa keluar Rusia. Pembahasan tentang film ini lebih lanjut akan berlangsung pada :


- Minggu 11 Mei 2014, pkl 15.00 bertempat di GARASI 10, Jl. Rebana 10, Bandung yang akan mengundang nara sumber Bpk Awal Uzhara.


Pak Awal akan bercerita banyak tentang film ini dan latar belakangnya dan juga mengapa film ini sempat pada waktu itu dilarang keberadaannya di Rusia.


Profil Narasumber

Setelah sejak tahun 1959 tinggal di Rusia, Pak Awal Uzhara akhirnya kembali ke Indonesia di tahun 2012. Enam puluh tahun lebih menetap, beliau pernah bersekolah dan kemudian menjadi asisten Profesor Sergei Gerasimov di Institut Sinematografi Gerasimov di Moskow. Institut sinematografi tertua di dunia tersebut (berdiri tahun 1919) telah melahirkan sutradara legendaris peletak dasar teknik-teknik penyutradaraan yang masih lestari digunakan hingga hari ini seperti Sergei Eisenstein, Alexey Batalov, Vsevolod Pudovkin, hingga Andrei Tarkovsky
Previous
Next Post »