Awal Uzhara dan Nasib Manusia

Minggu, 17 November 2013
15.00 - 18.00
Garasi10, Jl. Rebana no. 10


Pada tanggal 17 November nanti, Awal Uzhara akan berulangtahun yang ke-82. Pak Awal adalah sutradara sekaligus dosen yang amat produktif di Rusia. Anna Shaposnikova, wakil dari kedutaan besar Rusia untuk Indonesia pernah mengatakan, "Pak Awal adalah orang yang dihormati dan dicintai di Rusia. Kami sangat menyayangkan kepulangan dia ke Indonesia, meskipun kami juga bersyukur karena itu adalah cita-citanya sejak lama." Meski demikian, kepulangannya ke Indonesia yang ia nantikan selama lima puluh tahun ternyata tidak berlangsung semanis yang ia bayangkan. Pernah sangat dihormati di negeri orang, di negeri sendiri ia dicampakkan. Pemerintah dan kaum akademisi seolah tidak tertarik untuk mendengarkan segala pengalaman dari orang yang pernah kuliah di VGIK atau Institut Sinematografi Gerasimov yang merupakan kampus film tertua di dunia itu.

Namun Pak Awal mengatakan bahwa, "Di Indonesia ini meskipun ada banyak orang tidak baik, mereka yang baiknya juga tetap ada. Saya ingin orang-orang baik itu ada di perayaan ulangtahun saya yang ke-82." Atas dasar itu, Pak Awal memutuskan bahwa ulangtahunnya yang ke-82 akan dirayakan secara sederhana di Garasi10. Ia mengundang orang-orang terdekatnya di Indonesia dan siapapun yang hendak hadir untuk memberikan apresiasi atas segala pengalamannya. Dalam acara ulangtahunnya nanti akan ada empat acara:


  • Tadarus naskah Nasib Manusia yang berisi biografi Pak Awal dan akan dijadikan buku dalam satu atau dua bulan ke depan.
  • Pemutaran film dokumenter tentang Pak Awal oleh mahasiswanya di Rusia.
  • Penampilan musik yang akan memainkan lagu-lagu Rusia dan Indonesia oleh Ammy Kurniawan 
  • Ramah tamah dan makan sore
Acara ini gratis dengan undangan terbatas. Bagi yang bersedia hadir silakan menghubungi Syarif di 0817-212-404 untuk mendaftar.

Previous
Next Post »