Tersedia Buku "Jalan Seni Jalanan Yogyakarta"


Judul Buku - Jalan Seni Jalanan Yogyakarta
Penulis - Syamsul Barry
Penerbit - Studium, Yogyakarta
Tahun Penerbitan - 2008
Harga - Rp. 60.000
Jumlah Halaman - 152 halaman

Buku ini mengupas seni jalanan yang merupakan suata kecenderungan menciptakan karya seni (di jalanan) yang mulai marak muncul di Yogyakarta tahun 2000-an dan merupakan perkembangan dari grafiti. Kata "jalanan" pada seni jalanan mengandung arti tanpa aturan, vandal atau ilegal, menang-menangan. Penempatannya yang tanpa ijin merupakan ciri khas seni ini.

Menurut buku ini seni jalanan adalah ekspresi budaya jalanan yang dianggap sebagai simbol dari praktik sosial yang membedakan dirinya dari ekspresi budaya general (seni yang umum/mapan) yang jauh lebih mendapatkan pengakuan. Kemudian di dalam praktik sosial yang berbeda itu ditemukan serangkaian nilai dan norma yang hidup dalam suatu kelompok seni jalanan, menjadi tanda dari identitas kelompok yang berbeda dengan yang lain. Selain itu seni ini juga dapat dipandang sebagai hasil konstruksi sosial budaya, hasil dari masyarakat yang dikondisikan (pakewuh) untuk tidak menyuarakan segala sesuatu apa adanya secara terbuka serta dapat juga dilihat sebagai manifestasi spontan akibat dari pengendapan absurditas kehidupan sehari-hari.

Membaca buku ini, anda tidak hanya makin dapat memahami perkembangan seni jalanan, tapi lewat gambar-gambar yang disajikan dapat melihat beragam karya seni jalanan yang tersebat di pelosok kota Yogyakarta.

Berminat memiliki buku ini? Hubungi Syarif (0817-212-404) atau St. Ping Setiadi (0856-225-1976) untuk pemesanan.
Previous
Next Post »