Diskusi Film Elena (2011) bersama Awal Uzhara

Minggu, 7 April 2013
Garasi10, Jl. Rebana no. 10
Pk. 15.00 - 16.30 (nonton)
Pk. 16.30 - 17.30 (diskusi)

Elena, yang memenangkan kategori Special Jury Prize di Cannes Film Festival 2011, adalah film yang menceritakan tentang problematika sebuah keluarga. Film garapan Andrey Zyagintsev ini berpusat pada seorang perempuan bernama Elena (Nadezhda Markina) yang hidupnya terhimpit di antara dua dunia. Dunia pertama: Ia bersama suaminya, Vladimir, yang seorang kaya. Bagi keduanya, ini adalah pernikahan nomor dua. Dunia kedua: Elena bersama anak hasil pernikahannya yang pertama yang hidup miskin. Problemnya, antara dunia pertama dan dunia kedua tidak saling berhubungan. Vladimir enggan memberikan bantuan finansial sedikit pun bagi anak Elena yang sudah berkeluarga. Bagaimana kemudian jalan keluar yang ditempuh Elena?

Film Elena ini baru saja diputar sekitar dua minggu lalu di Pusat Kebudayaan Rusia di Jakarta. Salah seorang penonton yang berasal dari pihak atase kebudayaan bernama E. Katerina Tuchmina menyebut film ini sebagai, "Dostoyevsky versi sinema." Sedangkan Awal Uzhara yang turut menyaksikan, sangat bersemangat untuk membahasnya di Bandung karena ending film tersebut mengingatkannya pada karya-karya sastra Anton Chekov.

Profil Narasumber
Setelah sejak tahun 1959 tinggal di Rusia, Pak Awal Uzhara akhirnya kembali ke Indonesia di tahun 2012. Enam puluh tahun lebih menetap, beliau pernah bersekolah dan kemudian menjadi asisten Profesor Sergei Gerasimov di Institut Sinematografi Gerasimov di Moskow. Institut sinematografi tertua di dunia tersebut (berdiri tahun 1919) telah melahirkan sutradara legendaris peletak dasar teknik-teknik penyutradaraan yang masih lestari digunakan hingga hari ini seperti Sergei Eisenstein, Alexey Batalov, Vsevolod Pudovkin, hingga Andrei Tarkovsky.

Previous
Next Post »