Diskusi Film 2046 bersama Roy Voragen

Jumat, 8 Maret 2013
Garasi10, Jl. Rebana no. 10
Pk. 16.00 - 18.00 (nonton)
Pk. 18.00 - 19.00 (diskusi)
Gratis dan terbuka untuk umum


2046 adalah film tahun 2004 yang digarap oleh sutradara asal Hong Kong kelahiran tahun 1958, Wong Kar-wai. Selain film 2046, Wong Kar-wai juga menyutradarai sejumlah film diantaranya Happy Together, In The Mood for Love dan My Blueberry Nights. Bersama Steven Soderbergh dan Michelangelo Antonioni, Wong Kar-wai menyutradarai satu dari tiga bagian dalam film Eros. "Kerinduan akan cinta yang hilang" adalah tema yang cukup sentral dalam karya-karya film Wong Kar-wai. Tema semacam ini mengingatkan pada novelis Orhan Pamuk (terutama dalam karyanya yang berjudul The Museum of Innocence) dan Marcel Proust (In Search for Lost Time). 

Gejala "kerinduan akan cinta yang hilang" ini ditandai oleh perasaan akan waktu, memori, dan narasi yang berubah. Di waktu yang bersamaan, ketika rasa rindu itu dipuaskan, maka di ujung sana sudah menanti kekecewaan.

Profil Narasumber
Roy Voragen belajar filsafat dan ilmu politik di University of Amsterdam, Belanda. Sejak tahun 2003, ia memutuskan untuk tinggal di Indonesia -menjalani profesi sebagai kurator dan penulis di bidang seni-. Di tahun 2011, Roy mendirikan Roma Arts yang khusus mengoordinasi pameran, workshop, temu seniman, seminar, dan artist-in-residency (khusus untuk seniman di wilayah Asia-Tenggara). Tulisan-tulisan Roy dapat dibaca di www.fatumbrutum.blogspot.com. 



Previous
Next Post »