Tersedia Buku Hasil Kelas Filsafat Eksistensialisme: Mengintip Filsafat Sartre

Setelah mengeluarkan dua buku hasil renungan Kelas Filsafat Eksistensialisme Nietzsche dan Kierkegaard, Garasi10 kembali menerbitkan hasil tulisan murid-murid kelasnya. Kali ini, Kelas Filsafat Eksistensialisme merangkumnya dalam buku berjudul Mengintip Filsafat Sartre. Seperti dua buku sebelumnya, buku ini juga bisa dipesan untuk umum.

Judul Buku - Mengintip Filsafat Sartre
Editor - Rosihan Fahmi
Penulis - Rosihan Fahmi, Syarif Maulana, Liem Freddy, Beni Apriariska Syahrani, St. Ping Setiadi, Liky Ardianto, Rudy Rinaldi
Penerbit - Garasi 10, Bandung
Tahun Penerbitan - 2012
Harga - Rp. 50.000


Kumpulan tulisan tentang pembatinan terhadap filsafat Sartre yang bertemakan kebebasan. Namun kebebasan ini, bagi Sartre, bukan kebebasan yang menggembirakan. Kebebasan ini merupakan kutukan yang mengerikan bagi umat manusia. "Manusia, dikutuk untuk bebas," demikian sabdanya. Tidak ada moralitas yang mendasari, tidak ada Tuhan, tidak ada esensi sebelum eksistensi. Segalanya bermula dari keberadaan kita yang tanpa tedeng aling-aling. Kita lahir ke dunia, sendirian, dan "dipaksa" memaknai segala sesuatu meski eksistensi kita dilabeli "gairah tanpa makna".

"Mereka menghentak manusia dari segala fondasinya, segala belenggu yang mengikat, namun menawarkan kerangkeng baru, hanya saja kali ini berbalut lebih indah, ia berukirkan kebebasan, borgol itu berbalut syair-syair indah tentang kesadaran dan kehendak bebas! namun esensinya tetap sama, sebuah borgol tuan. sebuah borgol!"

-Liky Ardianto

Berminat memiliki buku-buku ini? Hubungi Syarif (0817-212-404) atau St. Ping Setiadi (0856-225-1976) untuk pemesanan.
Previous
Next Post »