Apresiasi Sinema Rusia bersama Awal Uzhara

Jumat, 28 Desember 2012
Garasi10, Jl. Rebana no. 10
Pk. 15.00 - 16. 00 (pemutaran film 1)
Pk. 16.00 - 17.00 (pembahasan film 1)
Pk. 17.30 - 19.30 (pemutaran film 2)
Pk. 19.30 - 20.30 (pembahasan film 2)
Gratis dan Terbuka untuk Umum

Setelah sejak tahun 1959 tinggal di Rusia, Pak Awal Uzhara akhirnya pulang juga tahun ini. 60 tahun lebih menetap, beliau pernah bersekolah dan kemudian menjadi asisten Profesor Sergei Gerasimov di Institut Sinematografi Gerasimov di Moskow. Institut sinematografi tertua di dunia tersebut (berdiri tahun 1919) telah melahirkan sutradara legendaris peletak dasar teknik-teknik penyutradaraan yang masih lestari digunakan hingga hari ini seperti Sergei Eisenstein, Alexey Batalov, Vsevolod Pudovkin, hingga Andrei Tarkovsky. Pak Awal, dengan pengalamannya yang segudang, akan membahas dua film Rusia yang menurutnya sangat layak untuk diapresiasi, yang pertama adalah film klasik Battleship Potemkin (1925) dan yang kedua adalah Admiral (2008).


Judul film  : Battleship Potemkin
Sutradara   : Sergei Eisenstein
Tahun rilis : 1925
Durasi film: 69 menit

Battleship Potemkin berkisah tentang pemberontakan para awak kapal perang Potemkin yang dipicu oleh ketidakpuasan terhadap makanan di kapal yang sudah busuk. Warga Odessa yang simpati terhadap pemberontakan ini, kemudian dibantai oleh tentara Tsar di adegan "tangga Odessa" yang fenomenal. Cerita ini dibagi dalam lima bagian: Men and Maggots, Drama on The Deck, A Dead Man Calls for Justice, The Odessa Staircase, dan  The Rendezvous with The Squadron.
Judul film   : Admiral 
Sutradara    : Andrei Kravchuk
Tahun rilis  : 2008
Durasi film : 123 menit

Admiral adalah film biografi yang berkisah tentang seorang pelaut yang memimpin gerakan anti-komunis di Perang Sipil Rusia bernama Alexander Kolchuk. Mengambil latar revolusi Bolshewik yang mempertarungkan pasukan merah (pemberontak) versus pasukan putih (pemerintah), film ini selain bercerita tentang proses kekalahan kubu Tsar, juga mengisahkan cinta segitiga yang terjadi antara Kolchuk, istrinya, dan seorang pujanggawati, Anna Timireva.



Previous
Next Post »