Dibuka Pendaftaran Kelas Garasi: Albert Camus dan Memaknai Hidup ala Sisipus

Pengantar

Dia tidak seperti filsuf lawas kebanyakan berwatak idealis yang lebih senang berkutat di awang-awang, tetap saja menyibukan diri dengan masalah-masalah “Langit-an” dan Ada, sembari menutup mata terhadap bahaya-bahaya nyata di sekitar perikehidupan manusia. Ia hanyalah seorang amatir yang menulis dengan bahasa manusia kebanyakan, ia hanyalah seorang penyebar pengetahuan dalam artian yang paling luhur. 

Ia lebih banyak bersetubuh dengan karya-karya Dostoievsky, Gide dan Marlaux daripada karya Husserl. Dia bukan seorang pengajar yang mengetengahkan suatu ajaran, ataupun seorang pemikir berteori. Dia hanyalah seorang pujangga klasik Perancis, yg dilahirkan dan dibesarkan di Aljazair, yang waktu itu merupakan koloni jajahan Perancis. 

Diawali dengan suatu pertanyaan yang bisa dianggap sehari-hari bagi para aparatus manusia modern: Jika dunia ini absurd, haruskah manusia pasrah begitu saja dengan memilih untuk membunuh dirinya sendiri, atau dapatkah ia dengan kekuatannya sendiri memancarkan pada ciptaan itu suatu tatanan dan suatu moral? Melalui pembatinan dari Mitos Sisipus, Dialah Albert Camus, mencoba bertanya-tanya, untuk mencari jawaban yang jujur perihal kegalauan hidup.


Materi Pertemuan

Pertemuan 1 : Mengapa Camus?
Pertemuan 2 : Membaca Sisipus
Pertemuan 3 : Nalar Absurd
Pertemuan 4 : Bunuh diri Filosofis
Pertemuan 5 : Kebebasan Absurd
Pertemuan 6 : Manusia Absurd
Pertemuan 7 : Kreasi Absurd
Pertemuan 8 : Harapan dalam situasi Absurd

Informasi Pendaftaran
  1. Kelas dibatasi untuk 10 (sepuluh) orang peserta.
  2. Kelas diselenggarakan setiap hari Rabu mulai 21 November 2012 pukul 19.00 sampai pukul 21.00 WIB di Garasi 10, Jl. Rebana no. 10, Bandung.
  3. Biaya Rp. 150.000 untuk 8 (delapan) pertemuan akan sepenuhnya dikembalikan pada peserta dalam bentuk hand-out, sertifikat, dan operasional kelas itu sendiri. 
  4. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Syarif (0817-212-404).

Profil Pengajar

Rosihan Fahmi lulusan Aqidah filsafat IAIN dan Program Studi Ilmu Filsafat UI adalah penggiat filsafat, biasa memberikan obrolan-obrolan filsafat di beberapa komunitas, dan kuliah filsafat di beberapa perguruan tinggi di Bandung.
Previous
Next Post »