Mengenal Anatomi Tubuh Spiritual Manusia

Jumat, 26 Oktober 2012
Pk. 18.30 - 21.00
Garasi10, Jl. Rebana no. 10
Gratis dan Terbuka untuk Umum

Pengantar 

Mari memulai dengan membagi tubuh yang kita kendarai ini: 

  • Tubuh fisik (Sthula Sharira): adalah lapisan tubuh yang paling padat dan keberadaannya dapat kita sadari dengan mudah. Tubuh ini adalah yang paling kecil dan umurnya paling singkat dari seluruh eksistensi tubuh. Tubuh fisik mengalami kelahiran dan kematian. Tubuh ini mendapatkan makanan dari tumbuh-tumbuhan dan hewan. 
  • Tubuh astral (Shukma Sharira): tubuh yang halus dan sering kali tidak disadari keberadaannya oleh manusia. Tubuh ini seperti tubuh fisik juga mempunyai organ-organ tubuh seperti cakra dan nadis. Tubuh Astral memperoleh makanan dari prana. 
  • Tubuh kausal (Karaana Sharira): tubuh halus ini adalah yang paling indah, paling subtle, paling besar, dan paling kuat dari semua tubuh lainnya. Tidak banyak yang diketahui tentang tubuh yang satu ini dan bagaimana perilakunya. Namun kita mendengar dan membaca kisah para nabi, para wali, para yogi agung atau mistikus yang dapat melakukan berbagai macam keajaiban dan mukjizat, misalnya tidak makan dan minum selama periode yang amat panjang, berjalan di atas air, berteleportasi, dan lain-lain. Mereka ini rata-rata telah menyadari dan memanfaatkan kekuatan dari tubuh kausalnya. Tubuh kausal tidak dibahas lebih detail lagi karena tubuh ini tidak mengenal penyakit fisik dan non fisik. 

Apa yang akan dibahas nanti adalah topik tubuh astral (Astral body / Shukma Sharira). Tubuh astral kita sama seperti tubuh fisik. Sama persis. Dimana letaknya ? dia ada bertumpang tindih dan melingkupi tubuh fisik kita. Kira-kira mungkin 10 cm dari permukaan kulit kita. Jika tubuh fisik terdiri dari organ-organ fisik bagian dalam seperti tulang, jantung, paru-paru, liver, empedu, ginjal, dll maka tubuh astral juga mempunyai organ astral.

Ikuti diskusinya untuk mengetahui lebih lanjut!

Pemateri

Gito Upoyo sudah memberikan banyak pelatihan dari mulai Reiki dan Pranic Healing, workshop Kundalini Chakra Yoga, Quantum Magnetism Technique, hingga pelatihan Reiki jarak jauh. Bersama Eduard de Grave, ia juga menulis buku Yoga untuk Pasangan Suami Istri. Saat ini, aktivitas Gito adalah sebagai instruktur yoga dan fitness, marketing di sebuah hotel, serta menjadi ketua Ksatria Shakti, sebuah wadah untuk belajar ilmu pernapasan.
Previous
Next Post »