Pustaka Garasi10: Existentialism from Dostoevsky to Sartre


Judul : Existentialism from Dostoevsky to Sartre
Penulis: Walter Kaufmann
Penerbit : A Meridian Book (New American Library)
Tahun : 1956
Jumlah Halaman : 315 halaman

Eksistensialisme adalah suatu gerakan yang muncul di awal abad ke-20, dengan embrio mula-mula di akhir abad ke-19. Jargon yang terkenalnya adalah: Eksistensi mendahului esensi. Artinya, keberadaan manusia secara faktual, sebagai individu yang khas dan otentik, adalah lebih utama daripada memikirkan ide-ide "melangit" seperti idealisme Hegel. Hegel, bagi kaum eksistensialis, dianggap menempatkan manusia dalam lautan sejarah yang mahaluas sehingga keotentikan si manusia sendiri menjadi tidak berarti. Tokoh-tokoh seperti Dostoevsky, Kierkegaard, Nietzsche, Rilke, Kafka, Jaspers, Heidegger, Sartre, dan Camus, adalah orang-orang yang mencoba menyelamatkan manusia; mengembalikan subjek pada hakikatnya yang paling dalam, yaitu: Keberadaan dirinya sendiri.

Walter Kaufman dalam buku Existentialism from Dostoevsky to Sartre ini mencoba mengumpulkan dan menyarikan karya-karya yang pernah dituliskan oleh para raksasa eksistensialis di atas. Buku ini sangat direkomendasikan bagi mereka yang ingin mendalami pemahaman tentang filsafat eksistensialisme. Sedikit wejangan: Buku ini akan membawa pembacanya pada suasana yang muram, gelap, dan perasaan jatuh dari ketinggian. 

Buku ini tersedia di Garasi10 untuk dimanfaatkan. Silakan hubungi atau Syarif (0817-212-404) untuk informasi lebih lanjut
Previous
Next Post »