Lahirnya Forum Peduli Museum

Minggu, 9 September 2012

Di Garasi10 sore itu, berkumpul enam orang lulusan Program Magister Museologi Universitas Padjadjaran (UNPAD). Apa gerangan yang hendak mereka perbincangkan? 


Program Magister Museologi itu sendiri sudah di ambang eksistensinya di UNPAD -terakhir penerimaan adalah tahun 2011 kemarin-. Namun agaknya terancam bubarnya institusi tidak sama dengan bubarnya semangat. Mahasiswa-mahasiswa lulusan tersebut -khusus yang berdomisili di Bandung-, berupaya menggagas suatu forum diskusi yang memperbincangkan berbagai persoalan museum di Indonesia. Ibu Aurora sebagai salah satu aktivis mengingatkan, "Studi kita di Museologi UNPAD disuplai dana oleh negara, sedang dana itu sendiri berasal dari keringat rakyat. Dengan lulusan museologi yang cukup banyak ini, apa saja hal yang bisa kita lakukan untuk museum?"

Ibu Susi dari Museum Sri Baduga mencoba memetakan terlebih dahulu forum-forum yang serupa di Bandung. Misalnya, ada Museumcare, Sahabat Museum Sri Baduga dan Sahabat Museum Konferensi Asia Afrika. Ketiganya sama-sama bergerak di wilayah "memikirkan problematika yang dihadapi museum" dan menindaklanjuti dengan merangkul masyarakat sebanyak-banyaknya untuk lebih mencintai museum. "Apakah forum ini akan membawahi forum-forum tersebut, atau bagaimana?" tanya Ibu Susi bermaksud memetakan. Ibu Aurora memilih untuk tidak mendefinisikan posisi forum yang hendak didirikan ini. Ia lebih memilih untuk independen dan justru menjadi sarana duduk bersama yang tidak perlu khawatir kestabilannya terganggu karena dinamika perubahan kepemimpinan.  

Setelah mendapat beberapa masukan dari Pak Setiawan Sabana, akhirnya disetujui bahwa pertemuan tersebut melahirkan forum diskusi dan komunitas yang dinamai dengan Forum Peduli Museum. Kata Pak Setiawan, "Kita mulai dari hal-hal kecil, di meja pingpong ini, yang penting nanti punya dampak besar secara perlahan-lahan mulai dari Bandung, ke Jawa Barat, ke Pulau Jawa, hingga bahkan menasional." Pak Setiawan sendiri mengingatkan bahwa keberadaan Forum Peduli Museum di Garasi10 ini menjadi "kembali ke fitrah", "Dulu, pada mulanya, ide tentang Forum Peduli Museum digagas di garasi rumah ini dan kemudian dimatangkan di Pusat Penelitian Seni Rupa dan Desain (PPSRD) ITB. Setelah itu, ide itu berkembang lanjut, mendapat respons positif dari Museum Geologi Bandung. Lahirlah di museum tersebut, Forum Peduli Museum atau Museumcare. Namun oleh sebab kendala internal dalam Museum Geologi itu sendiri, aktivitas Museumcare menjadi kurang produktif. Jadi, kembalinya Forum Peduli Museum ini ke garasi, kita labeli dengan Neo-Museumcare, atau Forum Peduli Museum dengan spirit dan personil baru." 

Pertemuan berikutnya dari Forum Peduli Museum akan diadakan pada tanggal 23 September 2012 pukul 14.00 di Garasi10. Setelah pertemuan tadi tentang pengesahan berdirinya forum, pertemuan dua minggu lagi tentang penyusunan agenda secara berkala sebelum kegiatan forum tersebut dibuka untuk komunitas yang lebih luas. Selamat atas kelahiran Forum Peduli Museum, semoga konsisten dan bisa memberikan sumbangsih nyata bagi negeri!

Previous
Next Post »