Kophilosophia@Garasi10





Kophilosophia adalah sebuah ruang yang terbuka bagi semua kalangan, untuk saling berbagi, menghargai, sembari berharap mampu melahirkan kesadaran baru yang lebih baik, dengan cara berdialog. Inti dialog adalah melahirkan kesadaran baru dari diri sendiri dan kawan bicara. Siapapun yang hadir di Kophilosophia, dialah pembicaranya. Kehadiran penyelenggara hanya sebagai pemandu, pengarah alur perbincangan agar tetap pada fokus dan lebih mendalam. Adapun topik perbincangan di Kophilosophia adalah tentang kehidupan sehari-hari, apapun itu. Permasalahan yang dianggap remeh temah atau berat sekalipun sama dianggap sebagai bahan perbincangan yang hangat sehangat perbincangan di Kophilosophia. 


Kophilosophia bertemu tiap Rabu minggu I dan III pukul 5 sore. Pertemuan tanggal 3 Oktober 2012 akan dilangsungkan di Garasi 10 dengan topik:

"Merayakan Kematian"

Tema ini diusung berkaitan dengan upaya Kophilosophia untuk melacak kembali hasil diskusi yang pernah dituliskan oleh para pesertanya sendiri. Sudah berjalan lima tahun -diawali dengan nama Madrasah Falsafah Sophia-, Kophilosophia bermaksud membukukan kumpulan tulisan tersebut sebagai bentuk perayaan atas kematiannya. Apa maksudnya? Bisa diartikan dua:

1. Ketika membuat buku, sang pengarang langsung mati. Ia menyerahkan diri pada pembacanya untuk dibongkar, diinterpretasi, diperkosa, dilucuti, hingga direproduksi makna-maknanya.
2. Kata Al-Ghazali, "Yang paling dekat dengan manusia sesungguhnya adalah kematian." Dengan jatuh bangunnya Kophilosophia dalam lima tahun belakangan, artinya pengalaman dengan "kematian" itu sendiri pastilah pernah teramat dekat. Jika kelak mendapati diri kembali dekat dengan kematian, kenapa tidak kita rayakan saja alih-alih meratapinya?


Diskusi ini gratis dan terbuka untuk umum!
 
Previous
Next Post »