Tersedia Buku Jagat Kertas dan Metodologi Penelitian Seni

Jagat Kertas

Judul Buku - Jagat Kertas
Editor - Setiawan Sabana, Hawe Setiawan
Penulis - Acep Iwan Saidi, Aminudin TH Siregar, Armein Z.R. Langi, Asthatadasaduta, Bambang Sugiharto, Cynthia L. Radiman, Djuli Djatiprambudi, Dwinita Larasati, Edi S. Ekadjati, Enri Damanhuri, Guntur Santoso, Haryadi Suadi, Herry Dim, Ira Adriati Winarno, Irma Damayanti, Jakob Sumardjo, Jamaludin Wiartakusumah, Mamannoor, Nusyamsu Bahar, Rikrik Kusmara Reiza Dienaputra, Sandra Tjahjani, Setiawan Sabana, Tedi Permadi, Tjetjep Rohendi Rohidi, Yasraf Amir Piliang
Jumlah Halaman - 310 halaman
Penerbit - Garasi10 Bandung
Tahun Penerbitan - 2011
Harga - Rp. 150.000 (termasuk katalog pameran Jagat Kertas)


"Kertas adalah materi yang tampak sepele, kemasan, wadah, hiasan, uang, tapi ia juga adalah berkas informasi, file penting, dan buku. Terutama lewat fungsinya sebagai wahana komunikasi pemikiran, imaji dan informasi itu, kertas telah mengubah cara berpikir dan berperilaku sedemikian mendasar, melahirkan peradaban modern dengan segala kecanggihannya, dunia gagasan, nilai dan makna, yang khas manusia." -Bambang Sugiharto

Buku Jagat Kertas merupakan pengembangan atau edisi revisi dari buku Lggenda Kertas yang diterbitkan oleh Kiblat Buku Utama, Bandung, pada tahun 2005. Buku Legenda Kertas hadir melengkapi pameran tunggal saya waktu itu dengan tajuk yang sama, di Bentara Budaya, Jakarta, dan beberapa tempat lain di luar Jakarta seperti Galeri Gracia di Surabaya, Galeri Langgeng di Magelang, Galeri Semarang di Semarang, Gedung Sunan Ambu di kampus Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) Bandung, dan Museum Radya Pustaka di Surakarta. Penerbitan buku edisi revisi bertajuk Jagat Kertas dimaksudkan pula untuk melengkapi pameran dengan tajuk yang sama. Pameran tunggal saya kali ini juga bertempat di Bentara Budaya Jakarta pada bulan Mei 2011. 

Kalau dimensi "Legenda Kertas" berada pada tataran nilai kemanusiaan (kebudayaan) -atau tataran imanensi-, dimensi "Jagat Kertas" hendak mengusung medium kertas pada tataran transendensi. Dalam eksplorasi kreatif kali ini motivasi penciptaan adalah upaya menghadirkan situasi karya yang merepresentasikan konsep tematik tadi. Melalui "Jagat Kertas" saya ingin menemukan esensi spirit zaman kertas. Dalam subyektivitas saya, "Jagat Kertas" ingin ditempatkan atau diibaratkan sebagai fenomena dalam diri manusia yang cenderung melibatkan dimensi jagat kecil (mikrokosmos), jagat besar (makrokosmos), dan jagat rohaniah (metakosmos). Medium kertas tidak hanya dimaknai berdasarkan peran dan kontribusinya dalam tataran nilai kehidupan profan, melainkan juga dalam tataran atau dimensi sakralnya. 

Setiawan Sabana

Metodologi Penelitian Seni

Judul Buku - Metodologi Penelitian Seni
Penulis - Tjetjep Rohendi Rohidi
Penerbit - Cipta Prima Nusantara, Semarang
Tahun Penerbitan - 2012
Jumlah Halaman - 321 halaman
Harga - Rp. 90.000



Buku ini dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan yang penulis anggap sangat mendesak yang dihadapi oleh para peneliti di bidang seni dan pendidikan seni. Secara sederhana dapat dikemukakan bahwa kebutuhan itu meliputi persoalan: Bagaimana kita dapat melakukan penelitian yang dapat dipertanggungjawabkan secara akademik di bidang seni? Metodologi yang bagaimana yang dapat kita upayakan, yaitu metode yang praktis, dapat diterima, dan tidak menipu diri sendiri. Singkatnya, penelitian yang dapat dijalankan, dipahami, dan masuk akal?


Buku ini walaupun ditulis guna memenuhi kebutuhan para peneliti di bidang seni, akan tetapi juga membuka kemungkinan bagi para peneliti di bidang-bidang ilmu sosial, budaya, atau kemanusiaan lainnya untuk menggunakannya. Pemanfaatan dan penggunaan secara kritis, tentu saja akan bermanfaat tidak saja memperkaya metodologi penelitian seni, tetapi juga diharapkan dapat memperkaya dan menumbuhkan cara-cara baru yang lebih kreatif. 


Tentang Penulis 


Tjetjep Rohendi Rohidi (TRR) lahir di Bandung tahun 1948. Menempuh Sarjana Muda dan Sarjana Pendidikan Seni Rupa di IKIP Bandung (1971-1978), Magister Artium (1883-1985) dan Doktor di Bidang Antropologi Universitas Indonesia (1987-1992). Karya disertasi doktornya berjudul "Ekspresi Seni Orang Miskin: Adaptasi Simbolik terhadap Kemiskinan" merupakan hasil penelitian yang paling mengesankan untuk dibaca. Menjadi pengajar tetap di Universitas Negeri Semarang sejak tahun 1978. Menyandang gelar Guru Besar -dari universitas yang sama- tahun 1996. 
TRR telah menulis dan melaksanakan berbagai penelitian mengenai berbagai masalah sosial-budaya, dan secara khusus dalam bidang kesenian. Ia juga telah menulis artikel dan makalah untuk berbagai seminar, jurnal, dan media massa nasional dan internasional, serta menulis buku diantaranya "Lintas Peristiwa dan Tokoh Seni Rupa Modern" (1982), "Ornamen Ukir" (1985), "Kartografi" (1989), "Filsafat Ilmu" (1990), "Pendekatan Sistem Budaya dalam Pendidikan" (1993), terjemahan "Analisis Data Kualitatif" (1994) dan "Kesenian dalam Pendekatan Kebudayaan" (2000). Menjadi pengajar, pembimbing, dan/atau penguji Program Magister dan Doktor di berbagai perguruan tinggi antara lain UNNES, UNY, UNJ, UI, ITB, Unair, Unpad di Indonesia dan UPSI, UM, UKM, UiTM, dan UMS di Malaysia.
Di luar kegiatan akademik resminya, TRR aktif dan pernah terlibat dalam berbagai kegiatan antara lain menjadi konsultan kurikulum pendidikan seni di Depdikbud, pelatihan di Pusat Pelatihan Kesehatan Masyarakat Depkes, sebagai Ketua Himpunan Sarjana Pendidikan Seni (Hispeni), Ketua Asosiasi Tradisi Lisan (ATL) Jawa Tengah, Ketua Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia (STISI) Bandung, Ketua Yayasan Bumi Katumbiri, Pengelola Diskusi Berkala "Forum Bukit Stonen", dan editor (mitra bestari) di beberapa jurnal nasional maupun internasional. 


Berminat memiliki buku-buku ini? Bisa mengunjungi Garasi10 antara jam 08.00 - 16.00 atau hubungi Syarif (0817-212-404) untuk pengiriman ke dalam kota / luar kota (ongkos kirim akan diberitahukan kemudian).


Previous
Next Post »

2 comments

Write comments
Dini Umairoh
AUTHOR
4 Oktober 2013 08.09 delete

buku metode penelitiannya masih ada gak mas?

Reply
avatar
Sang Mediaku
AUTHOR
3 Januari 2016 21.21 delete

Ass. buku metode penelitiannya apakah masih ready Stock Gan? jika ada bisa sms ke 081804281351 / 085713733627, / 08122779457, Pin BB 52899683 / WA 088802838629
Kami Tunggu Infonya dan Kabar baiknya maturnuwun

Reply
avatar