Dibuka Pendaftaran Kelas Garasi: Mengintip Filsafat Sartre

Gambar diambil dari sini.


Pengantar

Sartre, sorang lulusan filsafat dari Ecole Normale Superieure Paris tahun 1929, bukan sembarang filsuf. Betapa tidak, ia hidup ditengah hingar bingar Filsafat Neokantianisme, namun bagi dirinya Filsafat Neokantianisme tidak lebih dari sekadar “Filsafat Pencernaan” –semacam plesetan bagi sebutan Filsafat Pencerahan. Bagi dirinya, filsafat harus dikembalikan kepada “muasalnya”, yakni untuk memenuhi hajat manusia. Dalam rangka itulah, sajian-sajian karya pemikiran Filsafat Sartre tidak melulu berkutat di ranah filsafat abstrak, ia lebih senang merayakan filsafat dengan cara menyajikannya dalam bentuk semacam karya-karya roman, sandiwara, dan hal-hal lainnya yang diaangap mampu mengangkat dilema-dilema yang khas manusia dalam kehidupan nyata.

Jika Sartre yang disebut-sebut sebagai seorang filsuf eksistensialis menulis roman, naskah drama dan hal-hal yang bersingungan dengan dunia seni bahkan kadang-kadang tentang hal ihwal politik juga, sebenarnya filsuf itu apaan?...sebenarnya kerjaan filsuf itu ngapain aja?...Untuk itu, mari kita sama-sama “Mengintip Filsafat Sartre”!...

Materi Pertemuan

Pertemuan 1 : Pemetaan Filsafat Sartre
Pertemuan 2 : Membaca Kisah Hidup dan Pemikiran Sartre
Pertemuan 3 : Relasi Antar Manusia
Pertemuan 4 : Sartre dan Dunia Sastra
Pertemuan 5 : Ateisme ala Sartre
Pertemuan 6 : Spontanitas
Pertemuan 7 : Kebebasan Manusia ala Sartre
Pertemuan 8 : Refleksi atas Pemikiran Sartre

Informasi Pendaftaran

  1. Kelas dibatasi untuk 10 (sepuluh) orang peserta.
  2. Kelas diselenggarakan setiap hari Jumat mulai 31 Agustus 2012 pukul 19.00 sampai pukul 21.00 WIB di Garasi 10, Jl. Rebana no. 10, Bandung.
  3. Biaya Rp. 150.000 untuk 8 (delapan) pertemuan akan sepenuhnya dikembalikan pada peserta dalam bentuk hand-out, sertifikat, dan operasional kelas itu sendiri. 
  4. Pembayaran dapat melalui rekening Mandiri no. rekening 1300010231705 a/n Syarif Maulana. 
  5. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Syarif (0817-212-404)


Output

Kelas diarahkan untuk membuat buku yang berisi kumpulan tulisan para peserta. Kelas sebelumnya yaitu Kelas Filsafat Eksistensialisme Soren A. Kierkegaard dan Kelas Filsafat Martil Friedrich Nietzsche, berhasil menyarikan tulisan para peserta dan melahirkan buku berjudul Eksistensialisme Telanjang dan Filsafat Martil (dalam proses).



Profil Pengajar


Rosihan Fahmi lulusan Aqidah filsafat IAIN dan Program Studi Ilmu Filsafat UI adalah penggiat filsafat, biasa memberikan obrolan-obrolan filsafat di beberapa komunitas, dan kuliah filsafat di beberapa perguruan tinggi di Bandung.

Previous
Next Post »