Karya yang Lahir dari Rahim Eksistensialisme

Kang Ami dan Buku Eksistensialisme Telanjang




Jumat, 20 April 2012

Pertemuan Jumat itu bukan mengenai kelas Filsafat Eksistensialisme Soren A. Kierkegaard karena memang materinya sudah habis. Rosihan Fahmi, sang tutor, mengajak anak-anak didiknya untuk berkumpul, agar bisa menyaksikan langsung kelahiran karya yang lahir dari rahim kelas eksistensialisme. Foto di atas itulah dia: Buku kompilasi tulisan para murid, guru, dan pengelola Garasi 10, dengan nama Eksistensialisme Telanjang

Kelahiran buku ini terbilang menggembirakan sekaligus mengharukan, termasuk bagi Kang Ami sendiri. Katanya, "Setelah bertahun-tahun berkutat di ranah filsafat, akhirnya cita-cita saya tercapai, melahirkan karya kompilasi dari kelas yang diajar. Lucunya, kelahiran tersebut terjadi justru di garasi ini. Yang notabene merupakan tempat aktivitas filsafat saya yang paling kecil secara ukuran ruang." Sementara para penulis lain yang terdiri dari Faishal Nurghani, Rudy Rinaldi, Ananda Putri Bumi, dan Syarif Maulana, kesemuanya bergantian meraba buku tersebut. Seolah tak percaya bahwa itu nyata!

Buku tersebut rencananya akan dijual dengan sistem Print on Demand. Harga buku adalah Rp. 40.000,- dengan waktu tunggu sekitar satu hingga dua minggu. Isi buku adalah kompilasi tulisan yang merekonstruksi ulang pemahaman atas filsafat Soren A. Kierkegaard. Rencananya, penerbitan buku akan menjadi output wajib bagi mereka-mereka yang mengikuti kelas di Garasi 10. 

Selamat atas kelahirannya!


Previous
Next Post »