Liputan Kelas Garasi: Teori Musik Dasar #1

Sabtu, 11 Pebruari 2012 merupakan Kelas Garasi pertama yang diselenggarakan pada siang hari, yaitu pukul 12.00. Sejak awal dibukanya program kelas di Garasi 10 pada tahun 2011, semua kelas selalu dimulai selepas maghrib. Namun di tahun 2012 ini terdapat kelas siang dan sore yaitu Kelas Teori Musik Dasar dan Kelas Introduksi Hukum.

Kelas Teori Musik Dasar kali ini tidak terlalu ramai pesertanya, namun hal itu tidak menurunkan semangat Mutia Dharma sebagai mentor. Justru keintiman kelas lebih terbentuk dan atmosfir belajar mengajar lebih kondusif. Kelas Teori Musik Dasar menyuguhkan pengantar dasar untuk para pelaku musik agar mampu memahami musik lebih luas. Materi yang tersampaikan siang itu adalah pengenalan simbol-simbol musikal, antara lain 

1) tanda kunci (clef) yang terdiri dari kunci G, kunci F, dan kunci C. Ketiganya memiliki fungsi dan penempatan tersendiri berasarkan kebutuhan instrumentasi dan komposisi musik yang akan di tuliskan. 

2) Hal-hal yang berkenaan dengan simbolisasi not (notes), yaitu simbol not yang berbunyi dan simbol not yang tidak berbunyi (istirahat). Maraknya software penulisan notasi musik yang beredar saat ini, berdampak pada hilangnya kesadaran para penulis musik dalam menulis secara manual dengan benar, misalnya bagaimana menuliskan tangkai not yang benar (ke atas atau ke bawah), bagaimana membedakan istirahat untuk semibrave (1) dan minim (1/2), dan hal remeh temeh lainnya yang sering terabaikan. 

3) Pengenalan tanda birama (time signature). Secara umum terdiri dari tanda birama teratur (simple time) dan tidak teratur (irregular time), disampaing itu terdapat pula tanda birama complex, additive, dan sebaginya. Tanda birama juga mempengaruhi pengelompokan nada berdasarkan aksentuasinya.

Seperti halnya kelas-kelas musik lainnya yang ada di Garasi 10, kelas teori musik dasar ini juga di akhiri dengan serangkaian tugas-tugas (PR) buat peserta yang tidak sedikit ternyata. Selamat mengerjakan! 

Previous
Next Post »