Kelas Garasi: Introduksi Hukum

Pengantar 

Gambar diambil dari sini 
Hukum bagi kebanyakan masyarakat awam boleh jadi punya banyak wajah dan perwujudan: sebagian akan mengasosiasikannya dengan seperangkat undang-undang dan peraturan sementara sebagian yang lain mungkin akan bicara tentang syariat, hak, dan kewajiban. Wajah dan perwujudan “hukum” semakin menarik saat media mengetengahkan istilah semacam “pelanggaran hukum”, “supremasi hukum”, atau “mafia hukum”. Begitu biasnya perwujudan ini bagi masyarakat kebanyakan membuat hukum seolah hanya bisa dipahami oleh segelintir orang saja. Padahal, pemahaman terhadap hukum akan sangat berkaitan dengan pola kehidupan dalam keseharian antar kepentingan dan pihak yang berbeda. 

“Kelas Garasi: Introduksi Hukum” mencoba memberi sebuah pengenalan tentang hukum. Kelas ini bertujuan membekali masyarakat awam mengenai hukum secara umum dalam kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Pertanyaan-pertanyaan yang akan dicoba dijawab semacam “Apa itu hukum?”, “Darimana sumbernya?”, dan “Apa jenis-jenisnya dan apa yang diatur di sana?” 

Diharapkan kelas ini membantu kita untuk lebih “sadar” terhadap hukum serta memahami “jalur-jalur hukum” yang berlaku.

Materi Kelas

Pengantar Ilmu Hukum 
Meliputi pembahasan dan pemahaman secara ringkas mengenai seluruh ilmu pengetahuan hukum, mengenai kedudukan ilmu hukum di samping ilmu-ilmu lainnya, dan lebih lanjut mengenai pengertian-pengertian dasar, asas-asas, norma-norma, dan kaidah hukum dan penggolongan cabang-cabang ilmu. 

Pengantar Hukum Indonesia 
Materi ini merupakan mata kuliah pengantar bagi mahasiswa hukum dalam mempelajari Sistem Hukum Indonesia. Sebagai mata kuliah pengantar dalam materi ini dibahas mengenai sejarah hukum dan perkembangan sistem hukum Indonesia, beberapa faktor-faktor dan sistem hukum asing yang mempengaruhi perkembangan sistem hukum Indonesia, asas-asas hukum, dan mempelajari pula teori wilayah berlakunya hukum, serta tata urutan perundang-undangan nasional. 

Hukum Tata Negara 
Materi perkuliahan hukum tata negara terbagi atas dua pokok bahasan utama, yaitu materi yang bersifat umum dan khusus. materi umum meliputi istilah dan pengertian hukum tata negara; ruang lingkup hukum tata negara; hubungan hukum tata negara dengan cabang ilmu hukum dan ilmu kenegaraan lainnya; sumber-sumber hukum tata negara; sistem pemerintahan; sistem kepartaian; dan sistem pemilihan umum. 

Materi khusus meliputi sejarah ketatanegaraan indonesia; lembaga-lembaga negara; wilayah negara; prinsip-prinsip hukum pemerintahan daerah; prinsip-prinsip hak asasi manusia; hukum kewarganegaraan dan keimigrasian. 

Hukum Pidana dan Hukum Acara Pidana 
Matakuliah Hukum Pidana membahas materi-materi: hubungan hukum pidana dengan ilmu-ilmu lainnya, fungsi/ tujuan dan jenis hukum pidana, asas berlakunya hukum pidana menurut tempat dan waktu, sifat melawan hukum dan pertanggungjawaban pidana, alasan-alasan penghapusan pidana, ajaran penyertaan dan concursus, pemidanaan termasuk hal-hal yang menggugurkan hak menuntut dan melaksanakan pidana, sejarah KUHP, dll. Pembahasan materi-materi tersebut dikaitkan dengan pembahasan hukum positif dan kasus-kasus (yurisprudensi) mengenai materi tersebut, yang dibahas sebagai satu kesatuan. 

Hukum acara pidana memuat mengenai pengantar, tahap-tahap dalam penyelesaian perkara pada pemeriksaan pendahuluan, penuntutan, pemeriksaan persidangan, upaya hukum pelaksanaan putusan, dan pengawasan dan pengamatan pelaksanaan putusan hakim. 

Hukum Perdata, Hukum Acara Perdata dan Hukum Dagang 
Substansi Hukum Perdata merupakan Tinjauan Umum Hukum Perdata yang meliputi (1) Pengantar; (2) Hukum Perorangan; (3) Hukum Keluarga; (4) Hukum Benda; (5) Hukum Waris; (6) Hukum Perikatan. 

Hukum Acara Perdata merupakan pengetahuan yang memuat mengenai pengantar, tindakan-tindakan sebelum sidang, pemerikasaan perkara, upaya hukum, putusan, pelaksanaan putusan dan acara perdata dalam perkembangan. 

Hukum Internasional 
Hukum internasional mencakup materi tentang kaidah-kaidah dasar yang berlaku dalam masyarakat internasional, yang bersumber pada perjanjian internasional, hukum kebiasaan internasional, prinsip-prinsip hukum umum, doktrin dan putusan mahkamah internasional. Pokok bahasan mencakup pengertian, sejarah, hakikat, dan dasar berlakunya, sumber hukum internasional, hubungan antara hukum internasional dan hukum nasional; subyek hukum internasional, pengakuan negara, kedaulatan negara, yurisdiksi hukum internasional, pertanggungjawaban negara, suksesi negara. Studi kasus dan perkembangan sebagai penguat teoritik dan memberikan wawasan aplikatif dari hukum internasional.

Pertemuan:
  1. Pengantar Ilmu Hukum I : Apa itu hukum? Di sini akan dibahas juga mengenai sumber-sumber hukum, subyek hukum, dan aliran-aliran hukum 
  2. Pengantar Ilmu Hukum II: Seperti apakah penafsiran hukum, jenis-jenis hukum, dan sistem-sistem hukum di dunia? 
  3. Pengantar Hukum Indonesia I: Hukum Tata Negara dan Hukum Pidana 
  4. Pengantar Hukum Indonesia II: Hukum Perdata dan Hukum Dagang 
  5. Hukum Tata Negara: Sistem Ketatanegaraan, Lembaga-lembaga negara, Konstitusi, Peraturan perundang-undangan 
  6. Hukum Pidana dan Acara Pidana 
  7. Hukum Perdata dan Hukum Acara Perdata 
  8. Hukum Internasional
Pendaftaran
  1. Kelas dibatasi untuk 10 (sepuluh) orang peserta.
  2. Kelas diselenggarakan setiap hari Sabtu mulai 25 Februari 2012 pukul 15.00 sampai pukul 17.00 WIB di Garasi 10, Jl. Rebana no. 10, Bandung.
  3. Biaya Rp. 200.000 untuk 8 (delapan) pertemuan akan sepenuhnya dikembalikan pada peserta dalam bentuk hand-out, sertifikat, dan operasional kelas itu sendiri. 
  4. Pembayaran dapat melalui rekening BCA no. rekening 777 031 8941 a/n Bilawa Ade Respati. 
  5. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Bilawa (0812-245-0929)
Profil Pengajar

Pirhot Nababan lahir di Bandung, 20 Oktober 1985. Meski memilih jurusan IPA semasa sekolah menengah atas, ia malah melanjutkan pendidikan di Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran dengan kekhususan hukum internasional. Semasa duduk di bangku perkuliahan, sempat mengecap aktivisme mahasiswa saat menjadi Ketua I GMKI Bandung dan Kepala Departemen Infokom BEM FH Unpad. Tetapi, passion dan nasib tidak membawanya ke dunia politik ataupun praktisi hukum (jaksa, hakim, pengacara). Pilihannya justru jatuh ke dunia jurnalisme, sebuah dunia yang dikenalnya melalui film berjudul “All The President’s Men”. 

Pengalaman jurnalistik pertamanya dimulai ketika masih mahasiswa, sebagai kontributor untuk kolom hukum di FOKAL.info, sebuah media online bermarkas di Bandung, dan diperuntukkan untuk kalangan pemuda. Langkahnya kemudian berlanjut di KOMPAS.com (masih berstatus mahasiswa), media online yang bersaudara kandung dengan harian Kompas. Tempat ini yang kemudian memantapkan pilihannya untuk berkecimpung di dunia jurnalistik. Selepas lulus S1 dari kampus, ia langsung berlabuh di hukumonline.com, sebuah media online dalam bidang hukum terbesar di Indonesia, hingga saat ini. 

Sambil meniti karir jurnalistik, Pirhot sedang menempuh studi magister hukum ekonomi di Universitas Indonesia, Jakarta. Rutinitas sehari-hari dengan berbagai peraturan perundang-undangan, memaksanya memenuhi “nutrisi otak kanan” dengan gitar, buku, film, dan blogging.
Previous
Next Post »