Kelas Garasi: Berkenalan dengan Filsafat Eksistensialisme Soren A. Kierkegaard

Pengantar
Sumber gambar dari sini
Filsafat Eksistensialisme, sebagai salah satu anak kandung modern ia berani tampil beda dengan “saudara-saudara”-nya yang lain seperti rasionalisme ala Descartes, idealism ala Hegel, atau bahkan kritisisme ala Immanuel Kant. Filsafat Eksistensialisme salah satunya melalui Soren A. Kierkegaard –sebagai bapa eksistensialis-- mencoba menjamah ranah-ranah yang nyaris tidak dijamah oleh aliran filsafat sebelumnya, ia berusaha masuk kedalam sumsum kesadaran “lain” manusia modern, sekaligus sebagai bagian dari bentuk protes terhadap pemaknaan manusia yang hanya sekadar dicandarai “aku yang berpikir”. Filsafat eksistensialisme, lebih sering asik bermain-main dengan problem-problem kemanusiaa semacam cinta, kegelisahan, kecemasan, patahhati, bunuh diri, dan bahkan sampai kematian menjadi topic inti dalam bingkai perbincangan filosofis barat. Dengan mempelajari Filsafat eksistensialisme dengan baik, setidaknya pabila kita sedang bermasalah gak perlu repot-repot datang ke psikolog atawa psikiater, setidaknya cukup bekali diri kita dengan pemikiran, pengalaman dan pembatinan para eksistensialis.

Materi Pertemuan
  1. Pendahuluan
  2. Masa Lalu Kita adalah Kita Hari Ini 
  3. Kebenaran Objektif dan Subjektif
  4. Ketakutan dan Keputusasaan
  5. Ruang Lingkup Estetis
  6. Ruang Lingkup Etis
  7. Ruang Lingkup Religius
  8. Penutup
Informasi Pendaftaran
  1. Kelas dibatasi untuk 10 (sepuluh) orang peserta.
  2. Kelas diselenggarakan setiap hari Jumat mulai 24 Februari 2012 pukul 19.00 sampai pukul 21.00 WIB di Garasi 10, Jl. Rebana no. 10, Bandung.
  3. Biaya Rp. 200.000 untuk 8 (delapan) pertemuan akan sepenuhnya dikembalikan pada peserta dalam bentuk hand-out, sertifikat, dan operasional kelas itu sendiri. 
  4. Pembayaran dapat melalui rekening BCA no. rekening 777 031 8941 a/n Bilawa Ade Respati. 
  5. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Bilawa ( 0812-245-0929 )
Profil Pengajar
Rosihan Fahmi lulusan Aqidah filsafat IAIN dan Program Studi Ilmu Filsafat UI adalah penggiat filsafat, biasa memberikan obrolan-obrolan filsafat di beberapa komunitas, dan kuliah filsafat di beberapa perguruan tinggi di Bandung.
Previous
Next Post »