Kelas Garasi: Cabang-cabang Filsafat

The Trial of Socrates
(Sumber: http://www.pima.gov/publicdefender/socrates.htm)
Filsafat, pada hakikatnya adalah sama seperti arti katanya: Cinta kebijaksanaan. Namun pada perkembangannya, terutama ketika filsafat mulai “dimiliki” oleh ruang-ruang akademik, ia menjadi bercabang. Efek dari percabangan ini bisa jadi dua: Membuat filsafat terkesan rumit dan jauh dari persoalan keseharian (fakta bahwa fenomena keseharian tidak pernah tampil bercabang, melainkan keseluruhan), tapi juga malah bisa membuat filsafat menjadi lebih mudah dipelajari, dipahami, didalami, dan bahkan melahirkan tindakan-tindakan yang bermanfaat secara praksis. Semoga efek yang kedualah yang dihasilkan oleh kelas garasi ini! 

Pertemuan ke-1: Pengantar 
Pertemuan ke-2: Logika 
Pertemuan ke-3: Etika 
Pertemuan ke-4: Metafisika 
Pertemuan ke-5: Estetika 
Pertemuan ke-6: Filsafat Agama 
Pertemuan ke-7: Filsafat Manusia 
Pertemuan ke-8: Penutup

Informasi Pendaftaran:
  1. Kelas dibatasi untuk 10 (sepuluh) orang peserta.
  2. Kelas diselenggarakan setiap hari Kamis mulai 16 Februari 2012 pukul 18.30 sampai pukul 21.00 WIB di Garasi 10, Jl. Rebana no. 10, Bandung.
  3. Biaya Rp. 200.000 untuk 8 (delapan) pertemuan akan sepenuhnya dikembalikan pada peserta dalam bentuk hand-out, sertifikat, dan operasional kelas itu sendiri. 
  4. Pembayaran dapat melalui rekening BCA no. rekening 777 031 8941 a/n Bilawa Ade Respati. 
  5. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Bilawa (0812-245-0929)
Profil Pengajar
Syarif Maulana lahir di Bandung, 30 November 1985. Lulus S1 Hubungan Internasional Universitas Katolik Parahyangan tahun 2008 dan melanjutkan Magister di bidang Ilmu Komunikasi di Universitas Padjajaran pada tahun yang sama. Setelah lulus tahun 2011, Syarif mengajar di D3 Fakultas Sastra Unpad untuk mata kuliah Logika dan Komunikasi Bisnis. Ketertarikannya pada filsafat dimulai sejak mengikuti Extension Course Filsafat Unpar pada tahun 2007. Selain dari berkali-kali mengikuti ECF Unpar, pengetahuan filsafat Syarif diperoleh dari diskusi Madrasah Falsafah Tobucil dan juga hasil membaca buku sendiri serta berdiskusi dengan bapaknya. Selain mengajar gitar klasik, aktivitas Syarif diisi dengan mengajar filsafat di Kelas Filsafat untuk Pemula Tobucil dan juga di garasi rumahnya sendiri.
Previous
Next Post »