Liputan Kelas Garasi Aransemen untuk Gitar Tunggal #1

Rabu, 7 Desember 2011


A new class in Garasi 10 by Bilawa Ade Respati, Arrangement for Solo Guitar, started with 10 participants. The first class discussed about the instrument itself: tuning system, basic techniques, possibilities of timbre and dynamics, and common music notation for the guitar. 

Garasi 10 memulai kelas barunya, sekarang datang dari Bilawa Ade Respati yang menyediakan diri mengajar kelas aransemen untuk gitar tunggal. Respon dari kelas ini cukup bagus, tercatat ada dua belas orang yang mendaftar. Meski demikian, di hari H yang datang ada sepuluh. Bilawa memulai kelasnya relatif tepat waktu dan berakhir relatif tepat juga. Kelas dimulai pukul tujuh dan berakhir pukul sembilan. Meski demikian, tentu saja selalu ada waktu diskusi pasca materi yang santai dan hangat selama kurang lebih satu jam.

Kelas perdana ini membahas perkenalan tentang instrumen gitar itu sendiri. Dalam makalahnya yang lima halaman itu, Bilawa menerangkan tentang jenis gitar, penalaan, notasi, teknik-teknik gitar sekaligus timbre dan dinamika. Kelas ini cukup menarik karena Bilawa kerap kali mendemonstrasikan beberapa contoh dengan menggunakan gitar. Makalahnya sendiri cukup lengkap karena disertai ilustrasi notasi.

Kelas tersebut berlangsung cukup khidmat dan khusyuk. Bilawa dengan tegas menekankan bahwa kelas ini harus berujung pada sebuah karya. Karya tersebut tidak usah panjang-panjang, pendek saja namun nantinya bisa ditampilkan secara nyata. Kata Bilawa, "Jujur saja, kelas ini hadir karena keprihatinan saya terhadap karya bagi gitar tunggal yang relatif sedikit dibanding karya untuk piano atau orkes. Semoga kelas ini bisa menambah perbendaharaan karya untuk gitar tunggal," tutup Bilawa yang juga mengandung doa. 

Kelas aransemen untuk gitar tunggal edisi perdana ditutup dengan manis, Bilawa bersedia memainkan lagu wajib dari kompetisi yang berencana ia ikuti di hari Sabtu dan Minggunya. 

Syarif Maulana
Previous
Next Post »