Kelas Garasi: Teori Musik Dasar

Sumber: music.columbia.edu
Pendahuluan
Dalam musik, seorang penampil akan selalu dihadapkan pada banyak pertanyaan: pertanyaan tentang apa yang diinginkan oleh seorang penggubah lewat lembaran partitur, apa 'bahasa' yang sedang digunakan dalam membangun dialog musikal yang akan terjadi, apa arti simbol-simbol dan sederet not serta dampaknya secara musikal. Semakin detail kita mampu memahami dan menjawab pertanyaan semacam ini, maka semakin baik pula penyuguhan musik yang kita berikan. Kesadaran ini dibangun lewat pemahaman yang baik tentang teori musik, disamping penguasaan teknikal dari suatu instrumen musik.

Target Peserta
Teman-teman musisi atau pelajar musik yang ingin mempelajari lebih dalam tentang dasar-dasar teori musik yang sebaiknya dipahami


Materi
Pertemuan 1: Not dan Tanda Istirahat, Kunci (Clefs), dan Accidental
Pertemuan 2-4: Tangga Nada (Scale) dan Tanda Mula (Key Signature)
Pertemuan 5-7: Tanda Birama (Time Signature)
Pertemuan 8-9: Penulisan dan Pengelompokan Notasi untuk Musik
Pertemuan 10: Musik untuk Vokal dan Ornamen
Pertemuan 11: Instrumen Orkes
Pertemuan 12: Latihan dan Tugas Akhir

Informasi Pendaftaran:
  1. Kelas dibatasi untuk 10 (sepuluh) orang peserta.
  2. Kelas diselenggarakan setiap hari Sabtu mulai 11 Februari 2012 pukul 12.00 sampai pukul 14.00 WIB di Garasi 10, Jl. Rebana no. 10, Bandung.
  3. Biaya Rp. 300.000 untuk 12 (duabelas) pertemuan akan sepenuhnya dikembalikan pada peserta dalam bentuk hand-out, sertifikat, dan operasional kelas itu sendiri. Pembayaran dapat melalui rekening BCA no. rekening 777 031 8941 a/n Bilawa Ade Respati. 
  4. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Bilawa (0812-245-0929) 
  5. Pendaftaran dapat dengan mengisi formulir berikut ini
Profil Pengajar
Mutia Dharma mulai belajar piano pada usia 8 tahun. Guru-gurunya yang paling berpengaruh adalah Indrawati Tjiptorahardjo, B.Mus. dan Iswargia Sudarno, M.Mus, pada siapa dia belajar hingga memperoleh Diploma ABRSM (Associated Board of the Royal School of Music, London) untuk Piano Music Performance pada 2006 lalu. Selama masa studinya, Mutia telah tampil dalam berbagai konser di Bandung dan Jakarta. Baru-baru ini dia juga tampil sebagai solois bersama Orkes Simfoni Bumi Sangkuriang di Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, memainkan Haydn Concerto in D major. Saat ini dia juga aktif sebagai musisi kamar dan telah memberikan beberapa pertunjukan dengan musisi-musisi muda Bandung.

Sebagai pianis, saat ini Mutia melanjutkan pelajarannya dengan master class dari pianis Indonesia maupun internasional. Dia pernah mengikuti kelas dari Adhi Jacinth, Hansjoerg Koch, Patrick Zygmanowski, dan Iryna Ryabchun. Selama periode April-Desember 2004 dia juga mendapat pelajaran piano dari Piotr Zuk, Sven Witzemann dan Prof. Linde Grossmann di University of Arts, Berlin, dan teori dari Christhaard Zimpel. Sebagai musisi kamar dia pernah mendapatkan tutorial dari Jean-Paul Minali Bella, Adam Gyorgy, Gregory Squire dan Damien Ventula.

Sebagai guru, Mutia aktif mengajar piano dan teori musik sejak 1997. Murid-muridnya diikutsertakan dalam ujian praktek maupun teori berstandar internasional seperti ABRSM, dan tahun ini seluruh siswanya mendapat kelulusan dengan nilai sangat baik (distinction). Dalam bidang pengajaran, Mutia mendapatkan inspirasi dari guru-gurunya, selain aktif mengikuti program teacher upskilling program, antara lain dari Adhi Jacinth, M.Mus. dan Dr. Julie Spithill.

Saat ini Mutia membagi waktunya dengan mengajar dan mengembangkan musik klasik di komunitas. Dia adalah direktur proyek Bandung Music Camp serta direktur artistik dan program untuk berbagai konser dan resital dari musisi-musisi amatir maupun profesional. Sebagai manajer konser, Mutia telah bekerja sama dengan berbagai musisi internasional seperti Sam Haywood, Damien Ventula, Laurent Quenelle, Doric String Quartet, T'ang Quartet dan banyak lagi.
Previous
Next Post »